Sabtu, 28 Agustus 2010

intel corporation

Intel Corporation


Intel Corporation ( NASDAQ : INTC ; SEHK : 4335 ; Euronext : INCO ) adalah perusahaan teknologi, dan dunia terbesar disemikonduktor chip maker, berdasarkan pendapatan. Ini adalah penemu x86 rangkaian mikroprosesor , prosesor yang ditemukan kebanyakan komputer pribadi . Intel didirikan pada tanggal 18 Juli 1968, sebagai egrated Int ectronics El Corporation (meskipun kesalahpahaman umum adalah bahwa "Intel" adalah dari kata ligence intel) dan berbasis di Santa Clara , California , USA. Intel juga membuat motherboard chipset , antarmuka jaringan pengendali dan sirkuit terintegrasi , flash memory , chip grafis , tertanam prosesor , dan perangkat lain yang terkait dengan komunikasi dan komputasi. Didirikan oleh perintis semikonduktor Robert Noyce dan Gordon Moore , dan luas dikaitkan dengan kepemimpinan dan visi eksekutif Andrew Grove , Intel menggabungkan kemampuan desain chip canggih dengan kemampuan-tepi manufaktur terkemuka. Awalnya dikenal terutama untuk insinyur dan teknolog,'s "Intel Inside" kampanye iklan yang dibuat tahun 1990-an dan perusahaan Pentium rumah tangga nama prosesor.
Intel adalah seorang pengembang awal dari SRAM dan DRAM chip memori, dan ini mewakili sebagian besar bisnisnya sampai awal 1980-an. Sementara Intel membuat mikroprosesor chip komersial pertama pada tahun 1971, ia tidak sampai keberhasilan komputer pribadi (PC) bahwa ini menjadi utama mereka bisnis . Selama 1990 , Intel berinvestasi dalam desain mikroprosesor baru mendorong pertumbuhan yang cepat dari industri PC . Selama periode ini Intel menjadi dominan pemasok mikroprosesor untuk PC, dan dikenal untuk dan kadang-kadang kontroversial taktik agresif dalam mempertahankan posisi pasar, khususnya terhadap AMD , serta perjuangan dengan Microsoft untuk mengendalikan arah industri PC. The 2010 peringkat dunia 100 merek yang paling kuat yang diterbitkan oleh Brown Millward Optimor menunjukkan nilai merek perusahaan di nomor 48.
Intel juga telah mulai penelitian di transmisi listrik dan generasi.





Sejarah
Asal-usul dan awal tahun


Markas Intel di Santa Clara, CA, USA
Intel didirikan pada tahun 1968 oleh Gordon E. Moore (dari " Hukum Moore "ketenaran, seorang ahli kimia dan fisika ) dan Robert Noyce (seorang fisikawan dan co-penemu sirkuit terpadu ) ketika mereka meninggalkan Fairchild Semiconductor . Sejumlah karyawan Fairchild lain juga melanjutkan untuk berpartisipasi dalam lainnya Silicon Valley perusahaan. ketiga karyawan Intel Andy Grove , seorang insinyur kimia , yang mengelola perusahaan melalui banyak tahun 1980-an dan 1990-an pertumbuhan tinggi. Grove sekarang dikenang sebagai perusahaan kunci bisnisdan strategis pemimpin . Pada akhir 1990-an, Intel adalah salah satu dan paling sukses bisnis terbesar di dunia.

Asal nama
Pada pendiriannya, Gordon Moore dan Robert Noyce ingin nama perusahaan baru mereka Moore Noyce. Nama, bagaimanapun, adalah huruf sebunyi (kata-kata yang terdengar semacam itu) untuk lebih banyak suara - sebuah nama yang cocok untuk sakit elektronik perusahaan, karenakebisingan dalam elektronik biasanya sangat tidak diinginkan dan biasanya berhubungan dengan buruk gangguan . Mereka menggunakan nama NM Electronics selama hampir setahun, sebelum memutuskan untuk memanggil mereka perusahaan Int egrated ectronics El atau Intel untuk pendek. Namun, Intel sudah merek dagang oleh hotel rantai, jadi mereka harus terlebih dahulu membeli hak untuk nama.

Awal sejarah
Intel telah berkembang melalui beberapa tahap yang berbeda. Pada pendiriannya, Intel dibedakan hanya dengan kemampuannya untuk membuat semikonduktor , dan produk utamanya adalah random akses memori statis (SRAM) chip. Intel bisnis tumbuh selama tahun 1970-an karena diperluas dan meningkatkan proses produksi dan menghasilkan lebih luas produk , masih didominasi oleh perangkat berbagai memori.
Sementara Intel menciptakan microprocessor pertama yang tersedia secara komersial (Intel 4004) pada tahun 1971 dan salah satu yang pertama mikrokomputer pada tahun 1972, oleh awal 1980-an usahanya didominasi oleh dynamic random access memory chips. Namun, meningkatnya persaingan dari produsen semikonduktor Jepang, tahun 1983, secara dramatis mengurangi profitabilitas pasar ini, dan keberhasilan tiba-tiba dari IBM komputer pribadi yakin lalu- CEO Grove untuk memindahkan perusahaan fokus ke mikroprosesor, dan untuk mengubah aspek-aspek fundamental yang model bisnis.
Pada akhir tahun 1980-an keputusan ini telah terbukti berhasil. Didukung oleh posisi kebetulan sebagai pemasok mikroprosesor untuk IBM dan pesaing dalam pasar komputer pribadi berkembang pesat , Intel memulai pada periode 10 tahun pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai primer (dan paling menguntungkan) pemasok perangkat keras untuk industri PC. Pada akhir 1990-an, lini Pentium prosesor telah menjadi nama rumah tangga.

permintaan dan tantangan untuk dominasi
Setelah 2000, pertumbuhan permintaan untuk mikroprosesor high-end melambat. Pesaing, terutama AMD (terbesar pesaing Intel dalam utama arsitektur x86 pasar), mengumpulkan pangsa pasar yang signifikan, awalnya di low-end dan jarak prosesor pertengahan tapi akhirnya di berbagai produk, dan dominan posisi's Intel di pasar inti sangat berkurang. Pada awal 2000-an lalu-CEO Craig Barrett mencoba melakukan diversifikasi bisnis perusahaan semikonduktor di luar, tapi beberapa kegiatan tersebut akhirnya berhasil.
Intel juga untuk beberapa tahun telah terlibat dalam litigasi. hukum Amerika Serikat pada awalnya tidak mengakui hak atas kekayaan intelektual yang terkait dengan topologi mikroprosesor (layout sirkuit), sampai Semiconductor Chip Protection Act 1984 , undang-undang dicari oleh Intel dan Asosiasi Industri Semikonduktor (SIA) Pada akhir 1980-an dan 1990-an (setelah undang-undang ini disahkan) Intel juga menggugat perusahaan yang mencoba mengembangkan chip pesaing ke 80.386 CPU .Gugatan yang tercatat secara signifikan beban persaingan dengan tagihan hukum, bahkan jika Intel kalah dalam gugatan Antitrust tuduhan yang telah mendidih sejak awal 1990-an dan sudah menjadi penyebab satu gugatan terhadap Intel pada tahun 1991, pecah lagi sebagai AMD membawa klaim lebih lanjut terhadap Intel terkait dengan kompetisi yang tidak adil pada tahun 2004, dan kembali pada tahun 2005 .
Pada tahun 2005, CEO Paul Otellini reorganisasi perusahaan untuk memfokuskan kembali inti prosesor dan chipset pada platform bisnis (perusahaan, rumah digital, kesehatan digital, dan mobilitas) yang menyebabkan mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan baru. Pada bulan September 2006 karena keuntungan jatuh, perusahaan mengumumkan restrukturisasi yang mengakibatkan PHK dari 10.500 karyawan atau sekitar 10 persen tenaga kerjanya pada bulan Juli 2006.

mengembalikan momentum
Dihadapkan dengan kebutuhan untuk kembali kehilangan momentum pasar, Intel memperkenalkan produk baru model pengembangan untuk mendapatkan kembali memimpin sebelum teknologinya. Dikenal sebagai "perusahaan model tik-tok ", program ini didasarkan pada pergantian tahunan mikroarsitektur inovasi dan proses inovasi.
Pada tahun 2006, produksi Intel P6 dan NetBurst produk dengan ukuran mati dikurangi (65 nm). Setahun kemudian meluncurkan perusahaan mikroarsitektur Core mendapatkan pujian kritis luas; berbagai produk dianggap sebagai lompatan luar biasa dalam kinerja prosesor yang di stroke kembali banyak kepemimpinan lapangan. [21] [22] Sejalan dengan model, tahun berikutnya melihat seorang centang "", sebuah perbaikan proses untuk mengecilkan ini berkisar 65-45 nm , dan tahun setelah merilis prosesor ditinjau penggantinya positif nya,Nehalem , diikuti oleh silikon lain menyusut ke 32nm proses .
Intel bukanlah perusahaan mikroprosesor pertama yang melakukan hal ini. Sebagai contoh, sekitar tahun 1996 desainer grafis chip nVidia telah menyebut bisnis sendiri dan kesulitan pasar dengan mengadopsi satu bulan menuntut 6-internal siklus produk yang produknya berulang kali mengungguli ekspektasi pasar.

Penjualan bisnis prosesor XScale
Pada tanggal 27 Juni 2006, penjualan Intel XScale aset diumumkan. Intel setuju untuk menjual bisnis untuk prosesor XScale Marvell Technology Group untuk sekitar $ 600 juta tunai dan asumsi kewajiban yang tidak ditentukan. Langkah itu dimaksudkan untuk memungkinkan Intel untuk memfokuskan sumber daya pada inti bisnis x86 dan server, dan akuisisidiselesaikan pada tanggal 9 November 2006.
Sumber : google (Wikipedia Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar