Jumat, 28 Mei 2010

IBU KOTA KEBUDAYAAN EROPA



(Rotterdam)

Rotterham,dengan penduduk 590.000 jiwa,merupakan kota terbesar kedua dibelanda dan terkenal sebagai kota pelabuhan yang terbesar didunia.disini terdapat arsitektur yang modern,dan gedung pencakar langit meuse,Jembatan Eramus,serta perumahan berbentuk kubus yang terkenal, menjadikan Rotterdam ibarat sebuah museum arsitektur modern.Maka dirasa cukup alasan kalau Rotterdam berambisi disebut Ibukota kebudayaan Eropa pada tahun 2001.

Di samping kegiatan ekonominya yang memang sangat menonjol,Rotterdam juga menawarkan banyak sekali museum dan macam-macam atraksi turis,seperti festival-festival,konser-konser,theater,restoran,film dan diskotik.

Penyelenggara EURO 2000 suda menyiapkan pengamanan yang luar biasa dikota ini, karena pertandingan final justru akan dilangsungkan disini, padahal mereka pernah kebobolan mendirita kerusakan paragara-gara keributan besar yang terjadi waktu menyambut tim feyenoord pulang sebagai juara belanda musim panas yang lalu.

Konon polisi belanda akan menyerah antara tiga sampai empat ribu anggota polisi selama berlangsungnya kejuaran besar ini. Dan mereka akan memanfaatkan sebuah pesawat zeppeline yang sarat dengan pelaratan canggih untuk memantau situasi kota Rotterdam dari udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar