Jumat, 28 Mei 2010

pentingnya organisasi bagi komunitas

Pentingnya Organisasi dalam Komunitas

Manusia dan masyarakat
Manusia saling membutuhkan satu sama lain. Dari rasa saling membutuhkan tersebut timbul hasrat untuk membentuk suatu kelompok yang mempunyai suatu pandangan yang sama, baik pandangan berpolitik, berkesenian, atau pandangan hidup lainnya. Nah dari sini lah dapat diketahui apa manfaat dari suatu organisasi. Organisasi yang tidak sepandangan dengan satu individu, maka individu tersebut akan keluar dari organisasi tersebut. Oleh karena itu, organisasi merupakan wahana aktualisasi diri manusia/individu.

Manusia itu Makhluk Sosial
Organisasi adalah upaya manusia untuk memperluas lingkup KELUARGA -- tinggal dilihat apa tujuan dan kepentingannya, dan apakah orang-orang di dalamnya konsisten dengan apa yang menjadi tujuan mereka!

Membuat kegiatan masyarakat jadi efektif dan efisien
Dengan adanya organisasi dalam masyarakat diharapkan mampu menyalurkan aspirasi dan kepentingan anggota masyarakat yang diwadahi oleh organisasi masyarakat tersebut. di samping itu dengan adanya organisasi akan memudahkan masyarakat untuk menyalurkan suara daripada dilakukan sendiri-dendiri. Dengan struktur organisasi dengan pembagian tugas yang jelas ke masing-masing pengurus organisasi maka keruwetan pekerjaan organisasi dalam mencapai tujuan pun dapat dihilangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar