Sabtu, 18 September 2010

DEFINISI FILSAFAT

DEFINISI FILSAFAT

Filsafat sering di fitnah sbg sekularistik , ateis dan anarkis , karena suka menyobek nyobek selubung ideologis berbagai kepentingan duniawi . Demikian karena hakiki ia adalah ilmu kritis . Kata filsafat itu berasal dari bahasa yunani yaitu philos yang artinya suka atau cinta dalam arti luas yaitu ingin , dan karena itu lalu berusaha mencapai yang di indinkan itu , dan Sophia yang artinya kebijakan yang artinya pandai , pengertian yang mendalam . Jadi filsafat ialah keinginan yang mendalam untuk mendapat kebijakan atau keinginan yang mendalam untuk menjai bijak .

Suatu definisi filsafat dapat di berikan dr beberapa pandangan , antara lain :

1. Menurut aristoteles filsafat adalah ilmu pengeahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung d dalam nya .

2. Menurut al-farabi filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud bagaimana hakekatnya dan sebenar nya .

3. Poedjawijatna mendefinisikan filsafat sebagai sejenis pengetahuan yng berusaha mencari sebab yang sedalam dalam nya bagi segala sesatu berdasarkan fikiran belaka .

4. Hasbullah bakry mengatakan bahwa filsafat ialah sejenis pengatahuan yang menyelidiki sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan , alam semesta , dan manusia sehingga dapay menghasilkan pengetahuan bagaimana hakikat nya sejauh yang dapat di capai akal manusia dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu .

Dalam rangka memahami apa itu filsafat , marilah kita perdalam sedikit pembahasan ini . Uraian di atas menjelaskan bahwa salah satu kesulitan menentukan definisi filsafat ialah perbedaan nya definisi yang d buat para ahli . Bila dirinci , dapatlah diketahui bahwa kesulitan membuat definisi filsafat , jadi juga berarti sulit nya memahami apa itu filsafat , adalah karena pengetian filsafat berkembang dari masa ke masa . Kesuliatan ke dua adalah karena pengertian filsafat itu berbeda antara satu tokoh dengan tokoh lain nya . Kesulitan ketiga ialah karena filsafat itu telah dipakai untuk menunjuk bermacam – macam objek yang sesungguh nya berbeda .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar